Tuesday, December 20, 2011

TEAMWORK (kerjasama tim)


Banyak prkerjaan yang mudah dilakukan secara individual, tetapi pada situasi tertentu ketika kita dituntut untuk bekerja sama dengan orang lain, maka kita harus sensitivitas dan fleksebilitas kita yang sangat di perlukan dalam kerja sama .
nafiudincilacap@blogspot.com        Permainan- permainan dengan tujuan kerja sama  dengan baik di desain sedeemikian rupa sehingga   di tuntun untuk bekerja sama dan melakukan usaha secara bersama untuk mencapai satu solusi. Dalam pencarian solusi trsebut uang perlu di lakukan adalah indisiatif dari masing-masing . Sehingga pada pelaksanaannya akan mengembangkan kemampuan anggota  dalam membuat keputusan, memimpin, melakukan kewajiban sebagai anggota  dan berusaha menggali potensi yang ada di dlam diri mereka. Adapun tujuan dari permainan kerja sama  / inisiatif  adalah :
  1. Untuk mendorong anggota  agar selalu bersemangat dan bekerja sama.
  2. Untuk menyadarkan para anggota  tentang pentingnya strategi  atau rncana pelaksanaan.
  3. Untuk membentuk koordinasi dalam .
  4. Untuk menunjukan betapa berharganya kerja sama.
  5. Untuk menunjukan kepada para pesrta perlunya proses pencapaian solusi.
  6. Untuk mengembangkan sensitifitas dan persatuan dalam .
  7. Untuk membangun rasa saling percaya.

Tips keberhasilan Outbound

Berhasil atau tidaknya kegiatan outbound dapat diketahui dari apa yang hendak dicapai (goal) dari sebuah kegiatan. Bila goal telah tercappai berarti outbound sukses. Untuk mendukung kesuksesan outbound ada beberapa kunci yang harus diikuti tahapannya. Diantara tahapan itu adalah sebagai berikut:
  1. Pilihlah permainan atau problem sesuai dengan kemampuan berpikir dan fisik peserta.
  2. Carilah tempat yang aman dan nyaman serta dapat menyediakan saarana dan prasarana untuk permainan.
  3. Berikan instruksi yang jelas pastikan semau anggota  mengerti apa yang harus mereka lakukan sebelum permainan dilakukan.
  4. Jika anda memfasilitasi sebuah tim yang terdiri dari 25 sampai 30 orang lebih baik anda membaginya ke dalam 2 kelompok.
  5. Ketika kelompok selesai ( atau berusaha menyelesaikan ) sebuah masalah, lakuakanlah sebuah diskusi yang melibatkan semua anggota  tentang proses yang mereka lalui selama permainan seczra terperiinci. Dalam diskusi tesebut mereka akan meneliti keputusan apa yang dibuat dan siapa yang membuatnya; siapa yang mengusulkan suatu ide dan dijalankan; atau siapa yang mengeluarkan ide yang tidak di dengar atau tedengar oleh anggota lainnya; sipa yang tidak mengekuarkan ide.
Percakapan yang dilalkukan dalam diskusi dapat membantu proses pembentukan kerja sama  yang baik karena mereka melibatlan emosi ketika mereka ungkapkan, apa yang mereka rasakan.
  1. Selama pemainan fasilitator mengamati dan mencatat apa yang terjadi selama permainan berlangsung dan tidak biarkan peserta bersama kelompoknya menyelesaikan permasalahan mereka (fasililator haram memberi instruksi bila mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya),
  2. Bila kondisinya sudah tidak kondusif maka fasilitator dapat menghentikan permaianan untuk sementara waktu. Mintalah semua peserta untuk bermusyawarah untuk mencari jalan keluar
  3. Sampaikan kepada peserta bahwa permainan hanyalah sebuah sarana untuk mencapai tujuan. Tujuan utama dari permainan tersebut adalah untuk menghasilkan kerjasama yang solid diantara anggota tim. Berikan motifasi tentang pentingnya kerjasama (dapat mengutip ayat al_Qur’an ataupun hadits yang sebagian saya tuliskan di bawah) saran membangun. Bangunlah Komunikasi bagi peserta yang belum dapat bekerjasama, apa alasannya dan bagaimana akibatnya. Komunikasika terus menerus hingga semua peserta mengerti akan pentingnya kerjasama

Beberapa game dapat dipilih diantaranya;

1. TANGKAP EKOR NAGA ITU (CATCH THE DRAGON’S TAIL)
Waktu :5-10 menit
Petunjuk pelasana :
Bagi peserta dalam dua kelompok masing-masing kelompok membuat barisan berbanjar dengan masing-masing peseerta memegang bahu teman di depannya, ikatkan sebuah syal di punggumg peseta yang beerbaris di paling belakang. Setiap kepala masing-masing tim harus berusaha menangkap ekor naga tesebut.
3. BALANCE ROOM
Permainan ini diatas lantai yang licin atau tidak kasar.
Bagi peserta menjadi dua  dengan jumlah sama besar.
Mintalah masing-masing kelompok untuk berbanjar kebelakang dan masing-masing kepala  saling berhadapan. Semua peserta berada pada posisi duduk dengan kedua kaki berada di paha para pemain yang di depannya, dan kedua tangan memegang pundak teman di depannya ( kecuali kepala  ). Pada posisi , mintalah kedua  untuk bertukar tempat.
4. MEMBANGUN KEPERCAYAAN
A.  TWO PERSON MIRRORING
Untuk mulai permainan membentuk kepercayaan sebaiknya kita memulainya dengan  permainan ini terlebih dahulu. Caranya adalah semua peserta di bagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 2 orang, tentukan siapa yang bercermin dan menjadi cermin. Orang yangmenjadi cermin harus melakukan hal yang sama dengan orang yang sama.
Teknik bercermin ini dilaksanakan pda pertama permainan pembentukan kepercayaan karen masing-masing peserta harus memperhatikan satu dan yang lainnya. Dalam pemaianan iniyang perlu mereka perhatikan adalah konsentrasi, pengertian dan empati.
B.  WILOW IN THE WIND
Permainana Wilow in the wind merupakan pengembangan dari tras and pall. Pada permainan ini mintalah peserta untuk duduk melingkar dengan satu orang peserta berdiri di tengah-tengah lingkaran. Semua peserta yang dududk diharuskan dapat menahan jatuhnya orang yang ditengah dengan keduakaki para peserta bertumpuk pada orang yang jatuh dan merentangkan ke dua tangannya kedepan sehingga posisinya siap untuk menyangga peserta yang jatuh.
Kemudia mintalah kepada orang yang berdiri ditengah lingkaran untuk menggoyang-goyangkan badanga kesanah kemaring dan menjatuhkan diri kearah yang dia inginkan dan teman-temannya harus siap setiap saat jika orang yang ditrngah jatuh kearah nya.
C.  GAUN TLET
Pada permainan ini para peserta harus berjalan diatas jembatan yang di bangun dari tangan para anggota .
Sebagai contoh : Jika sebuah  terdiri dari sepuluh orang maka berikanlah kepada 2 orang pertama untuk melewati jembatan yang dibangun oreh 8 orang lainnya ( bagi menjadi 2 kelompok dan mintalah mereka baris saling berhadapan ) dengan cara menggabungkan tangan-tangan mereka. Para peserta yang menjadi jenbatan harus selalu waspada jika penyebrang pada saat menyebrangi jembatan terjatuh.
D.  TRUST FALL
Dalam trust fall seorang peserta harus menjatuhkan diri dari ketinggian tertentu. Ia harus mempercayakan dirinya kepada rekan-rekannya yang ada dibawah dan bersedia menjadi landasan bagi dirinya.
Sebelum menjatuhkan diri, ia harus berbalik ke belakang dan menyilangkan kedu tangannya di dada untuk menghindari cedera ketika jatuh. Kemudian rekan-rekan yang lainnya membentuk formasi landasan dengan tangan-tangan mereka.
Setelah semuanya siap, fasilitator memberi aba-aba kepada peserta yang akan menjatuhkan diri kapan ia harus jatuh.
E.   TRUST DIVE
Dari ketinggian 1,5 – 2,5  meter , mintalah seorang peserta untuk menjatuhkan diri dengan posisi badan kedepan dan posisi tangan seperti orang yang akan berenang dalam sebuah kolam yang trebentuk dari 8-10 orang lainnya yang harus menangkapnya dan memastikan teman  yang menyelam tidak cedra.
Catatan : Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan permainan  Tust fall
a.   Jagalah sikut agar tidak mengenai para penyanggah, mintalah orang  yang akan menjatuhkan diri untuk menyilangkan tangannay di dada
b.   Pastikanlah posisi  para penyangga dan orang yang akan menjatuhkannya  benar- benar siap.

1.   TREKING “TEKLEK
Setelah beberapa peserta yang telah ditentukan berdiri di atas bamboo / kayu yang telah diberi tali, mintalah mereka untuk memegang tali sebagai kendali dan bersiap untuk berjalan / berlari mendahui kelompok lain menuju finis yang telah ditentukan


2.   Memindahkan air
Pindahkan air dari botol ke tempat air yang lainnya.  Lakukan ber-ulang-ulang  hingaa waktu yang telah ditentukan atau bak telah penuh terisi air. Kelompok yang dapat mengisi air lebih bnayak adalah pemenangnya
3.   Meja manusia
Tujuan dari permainan ini adlah membuat meja. Mintalah satu orang peserta untuk duduk dengan membentuk siku disusul peserta lain dalam satu kelompok. Kelompok yang lebih cepat dalam membuat meja adalah pemenangnya



4.   Jembatan darurat
Peserta memegang tongkat berhadapan untuk membuat jembatan yang akan dilalui oleh salah sat peserta. Peserta teus berjalan diatas jembatan yang dibuat oleh pserta pemegang tongkat dan peserta pembuat jembatan yang telah dilalui oleh penyeberang jembatan segera berlari ke depan untuk menbuat jembatan didepannya

5.   Sumur kering
Salah satu peserta mengambil air dan memasukkannya kedalam botol sedangkan peserta lainnya membantu memegang tangan atau anggota tubuh yang lain agar dapat menjangkau bak yang letaknya jauh dari jangkauan normal. Buatlah garing pembatas supaya jarak untuk mengambil air cukup jauh



6.     ALMOST INFINITE CIRCLE
Peserta diminta untuk dapat melepaskan tali yang terikat dengan tali pasangannya, dimana tali tersebut masing-masing terikat di kedua pergelangan tangan masing-masing orang.
Aturan Main :
·      Tidak boleh memotong tali.
·      Tidak boleh membuka simpul yang mengikat ke pergelangan tangan.
7.     GRASS IN THE  WIND
Permainan :
Pada permainan ini peserta secara bergantian akan bergantian akan merubuhkan diri ke arah rekan kelompok  yang berdiri   di sekeliling nya ; dan rekan-rekan yang lain menahan dan kemudian mendorongnya  ke arah yang  lain.
Aturan Main :
·      kelompok membuat lingkaran kecil dengan posisi tangan di depan dada
·      satu anggota kelompok  berdiri di  pusat lingkaran.
·      peserta yang di tengah menjatuhkan  badan seperti kayu tumbang, dengan kaki yang tidak berpindah dan tetap rapat.
·      sisa kelompok yang  ada  bertugas menahan kemudian mendorongnya ke arah yang lain.
8.     TOXIC WASTE
Permainan :
Tim harus memindahkan cairan beracun dari satu container ke container yang lain.
Aturan Main :
·         Peserta tidak boleh berbicara satu sama lain.
·         Alat bantu yang dapat digunakan hanya berupa tali-tali yang tersedia.
·         Tidak boleh memasuki area radiasi, bila ada seorang peserta yang menginjak maka permainan harus diulang dari awal lagi.
·         Cairan tidak boleh tumpah, apabila tumpah permainan diulang dari awal.
·         Dianggap selesai bila tali-tali yang dipergunakan kembali keluar lingkaran.
Tipe      : Strategic Game
Target   : team work dalam mencapai target, inovasi-kreativitas , disiplin
9.     TAWANAN MASAL
Semua peserta diikat pergelangan kakinya dengan peserta lain dan mulailah berjalan setelah aba-aba dimulai. Demikian pula dengan kelompok lain

10.            CIRCULAR WALK
Peserta dalam satu kelompok berdiri di atas selembar karton / Koran / karung / kain. Lipatlah alas tersebut setiap kelompok tersebut berhasil berdiri diatas alas tersebut, bila belum berhasil ulangi hingga berhasil. Kelompok yang berhasil beriri dia semua diata alas yang paling kecil adalah pemenangnya

11.        TEROWONGAN MANUSIA
Mintalah semua peserta untuk berdiri satu baris dan membuka kaki untuk membentuk terowongan. Setelah aba-aba mulai, peserta yang berdiri paling belakang segera menerobos lewat terowongan hingga sampai kedepan dan langsung membentuk formasi terowongan dan terus-menerus disusul oleh peserta lainnya yang paling belakang
12.       KELABANG
Semua peserta duduk dan kedua kaki peserta diletakkan di atas paha peserta lain dan mulailah berjalan dengan bantuan tangan

t

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda